Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bagi para pesepeda di Australia Barat atau bahkan di Australia, event 3 Dams Challenge sudah sangat terkenal dan menjadi impian bagi para pesepeda untuk menguji stamina ataupun mengetahui hasil latihan selama setahun sebelumnya. Bagi saya yang baru mulai bersepeda dalam 1,5 tahun terakhir, 3 Dams Challenge ini merupakan BHAG (Big Hairy Audacious Goal, google sendiri untuk tahu artinya ya) saya. Event ini merupakan pencapaian tertinggi buat saya saat ini. Bagi yang sudah ikut event ini dan masih penasaran bisa juga memperbaiki catatan waktu finish nya  sekali lagi. (editor: bagi yang belum ikutan seperti saya masih merasa berhutang sama pupuhu Om Edo Syafron)

 

Buat saya pribadi, tantangannya adalah bagaimana dengan latihan terbatas hanya di akhir pekan dan dengan segala urusan pribadi dan pembagian waktunya tetapi masih bisa untuk meningkatkan stamina untuk menempuh 145km dan 2000m elevation gain.

 

Tahun ini saya bersama 3 orang konco yang sudah lebih dulu malang melintang di dunia persepedaan. Garis start berada di Curtin university di daerah Bentley lalu bergerak dengan rute relatif datar sebelum real undulated hill, the real 3 Dams Challenge. Tanjakan dimulai di daerah Guildford menyusuri Great Eastern Highway ke arah Mundaring. Untuk rute 3 Dams (ada juga 5 Dams Challenge lo), pemberhentian pertama berada di Mundaring Weir setelah turunan yang menyegarkan. Saran saya jangan terlalu lama berhenti di setiap pemberhentian karena akan mempengaruhi otot-otot yang mungkin bisa terlalu relaks dan kembali kaku.

Selesai dari Mudaring, rute berikutnya kembali turun naik dengan kejutan-kejutan tanjakan yang cukup tajam di antara Mundaring Weir dan Canning Dam. Pemandangannya luar biasa dan sangat bisa di nikmati. Ada satu tanjakan yang saya ingat betul karena sempat menghajar saya sewaktu mengikuti Kalamunda 100 (harus di rahasiakan nih 🙂 ). Tetapi jangan takut asal bike fitting oke, stamina oke dan tentu juga fisik dan mental harus oke juga. Yang saya pelajari kita juga harus menjaga tingkat energi kita dengan cukup mengkonsumsi makanan/ power bar atau gel dan tentu juga air yang cukup selama menikmati rute yang menantang.

 

Begitu lepas dari tanjakan ini, masih ada lagi tanjakan kejutan saat memasuki Canning Dam sendiri. Jangan malu untuk TTB (tuntun bike) jikalau detak jantung sudah terlalu tinggi ataupun nafas yang sudah tersengal-sengal. Banyak kok yang tuntun bike (hehehe). Di pemberhentian kedua peserta juga bisa menikmati makan siang ataupun mengisi ulang botol air minum sebelum melanjutkan perjalanan ke arah Wungong Dam. Ah, baru saja badan merasa segar kembali, saya kembali di hajar oleh tanjakan yang lumayan tajam begitu keluar dari Canning Dam. Rutenya juga turun naik sampai akhirnya tiba di Wungong Dam sendiri untuk pemberhentian berikutnya.    

Di sebut 3 Dams memang di karenakan kita melewati Mundaring Weir, Canning Dam dan Wungong Dam. Selepas dari Wungong Dam kita bakal menyusuri rute datar sampai kembali ke garis start. Rute datar ini sangat cocok bagi yang suka high speed, tetapi tetap harus berhati-hati karena kita melalui jalan umum yang walaupun tersedia rute sepedanya tetapi pada beberapa lokasi kita harus berbagi dengan kendaraan bermotor.

 

Sebenarnya ceritanya bakal lebih panjang lagi untuk di uraikan karena buat saya sendiri memerlukan waktu 6-7 jam untuk menyelesaikannya. Tetapi bakal gak ada kejutan jika saya uraikan semuanya (hehehe). Harus dinikmati sendiri untuk merasakan tantangannya.

Yang pasti ayo gabung bersama Gowestralia untuk event berikutnya, semoga next time bakal lebih baik.

 

Editor:
– Bagi yang tertarik untuk ikutan 3 Dams Challenge bareng kami tahun depan bisa kontak gowestralia. Kalau ada yang mau ditanya2 juga silahkan kontak kami.

– Info lebih mengenai 3 Dmas Challenge bisa di googling atau langsung menuju ke website resminya disini:
www.damschallenge.com.au/

Dibawah ini photo-photo kawan2 gowestralia yang sudah ‘lulus’ tantangan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *