Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

Disclaimer:

Artikel ini dipergunakan hanya untuk sebagian panduan saja. Penulis tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau penyalahgunakan penggunaan dokumen ini. Penulis akan berusaha pengupdate tulisan ini sesuai informasi terbaru. Tulisan ini dibuat pada tanggal 24 July 2017.

Selalu gunakan website berikut ini :

 

http://www.border.gov.au sebagai sumber informasi resmi mengenai keimigrasian Australia

http://www.vfsglobal.com/Australia/Indonesia/ untuk informasi pengajuan Visa Australia di Indonesia.

 

Di tulisan ‘ Visa Berkunjung ke Australia Bagian 2’ ini saya akan menjelaskan tata cara pengajuan permohonan Visa Kunjungan ke Australia dengan menggunakan pelayanan jemput antar.

 

Jika anda ingin mengetahui bagaimana tata cara dan syarat-syarat pembuatan Visa kunjungan, silahkan anda baca di ‘Visa Berkunjung ke Australia Bagian 1‘ ini

 

Seperti yang saya sebutkan diartikel sebelumnya, permohonan Visa tidak perlu diantar langsung ke kantor AVAC.

Silahkan manfaatkan layanan penjemputan dokumen, langsung dari rumah atau kantor Anda. Setelah permohonan visa selesai diproses oleh DIBP (Department of Immigration and Border Protection)  di Jakarta, AVAC akan mengirimkan hasil permohonan visa ke alamat yang Anda inginkan.

 

Setiap permohonan Australia Visa di AVAC akan diberikan nomor referensi (Nomor VLN). Nomor VLN ini akan tertera di tanda terima pembayaran yang akan diberikan oleh petugas loket setelah permohonan dimasukkan atau akan dikirimkan melalui surat elektronik(surel) bagi pemohon yang memasukkan permohonan melalui pos

Pastikan semua kelengkapan document dan persyaratannya sebelum menggunakan layanan ini.

 

Caranya:

  1. Pengisian Form

Silahkan download dan lengkapi form dibawah ini untuk layanan antar jemput permohonan pengajuan Visa dan ikuti petunjuk di dalamnya.

http://www.vfsglobal.com/Australia/Indonesia/pdf/AVAC-Courier-Service-Checklist-2-Way-Domestic-Bahasa.pdf

 

  1. 2Pembayaran

Lakukan pembayaran sesuai dengan jenis biaya dan ditujukan secara terpisah kepada penerima dengan benar sesuai petunjuk di bawah. Ada 3 Kategori jenis biaya yang perlu anda ketahui.

  • Biaya Visa itu sendiri yang ditujukan/atau dibayarkan ke kedutaan besar Australia,
  • Biaya logistic pengurusan Visa dan
  • biaya optional yang dibayarkan kepada PT VFS Global.

 

Berikut penjelasannnya dibawah ini.

 

  1. Kategory Biaya:  Biaya Visa (wajib sesuai kategori visa)

Ditujukan kepada Australian Embassy

Metode pembayaran visa

  1. Transfer Bank

Transfer pembayaran biaya visa harus dipisahkan,

tidak boleh digabung dengan biaya lainnya.

Transfer Bank ditujukan kepada:

Australian Embassy

PT Bank ANZ Indonesia

 

Jumlah biaya yang dituliskan pada slip transfer harus tepat sesuai dengan jumlah total biaya visa yang harus dibayar. Tidak boleh lebih ataupun kurang.

 

  1. Kartu Kredit

Pemohon visa dapat melakukan pembayaran biaya visa dengan kartu kredit. Transaksi kartu kredit akan diproses dalam dolar Australia oleh Kedutaan Australia. Kedutaan Australia menerima pembayaran kartu kredit menggunakan MasterCard, Visa, AMEX, Diners dan JCB.

 

Harap mengisi halaman ‘Payment Details’ pada formulir aplikasi visa Anda (pertanyaan no 49 di halaman 14 di form 1419) bila Anda memilih melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit dalam dolar Australia.

Catatan penting:

Jika anda melakukan pembayaran dengan kartu kredit, berikut dibawah ini biaya yang dikenakan (valid as per 25 July 2017):

Visa and MasterCard* – 0.98%
American Express and JCB – 1.4%
Diners Club International – 1.99%

Ketika membayar dengan kartu kredit Anda akan dikenakan biaya tambahan kartu kredit, perbankan dan biaya konversi mata uang serta risiko yang terkait dengan fluktuasi mata uang.

 

 

  1. Tax Invoice

Jika Anda telah melakukan pembayaran Visa di Australia, harap lampirkan bukti pembayaran pada saat memasukkan aplikasi. Bukti pembayaran ini berjudul”Tax Invoice”.

 

 

 

  1. Biaya Logistik (wajib)
  2. a) Rp 158.000 per permohonan untuk:

Proses pengajuan permohonan visa sebagai pemohon utama

 

  1. b) Rp. 110.500 per permohonan untuk:

Proses pengajuan permohonan visa sebagai pemohon pengikut; atau
Proses pengajuan permohonan Citizenship by Descent; atau
Proses pengajuan permohonan Australian Declaratory Visa; atau
Proses penambahan dokumen atas keinginan sendiri tanpa disertai bukti permintaan dari Kedutaan Australia; atau
Proses penambahan dokumen untuk Permohonan Online.

 

  1. C) Biaya Layanan SMS (pilihan) Rp 25.000 per permohonan
    D)Biaya Penjemputan Dokumen – wilayah Indonesia (pilihan)

 

  1. a) Rp 50.000 per permohonan (Sumatra, Jawa dan Bali) *Untuk Sumatera Tidak mencakup area Bangka Belitung
  2. b) Rp 100.000 per permohonan (Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara)
  3. c) Rp 150.000 per permohonan (Papua) *Untuk wilayah Timur Indonesia tidak mencakup area Maluku

 

  1. Biaya Pengembalian Dokumen – wilayah Indonesia (pilihan)
  2. a) Rp 50.000 per permohonan (Sumatra, Jawa dan Bali) *Untuk Sumatera Tidak mencakup area Bangka Belitung
  3. b) Rp 100.000 per permohonan (Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara)
  4. c) Rp 150.000 per permohonan (Papua) *Untuk wilayah Timur Indonesia tidak mencakup area Maluku

 

Pembayaran biaya kategori B, C, D, dan E dapat digabungkan dan dibayarkan sekaligus kepada PT. VFS Services Indonesia.

 

Bila Anda ingin melengkapi pembayaran ini dari luar Indonesia, harap diketahui bahwa nilai tukar mata uang harian dapat berbeda saat Anda melakukan transaksi dan saat dana diterima oleh VFS. Dengan demikian, harap minta agar bank Anda memastikan bahwa dana yang diterima oleh VFS harus sesuai dengan jumlah total dalam mata uang Rupiah saja.

 

Transfer bank ditujukan ke :

PT VFS SERVICES INDONESIA

STANDARD CHARTERED BANK

SUDIRMAN, JAKARTA

306-014306-86

Kode Bank: 050

Mata uang: IDR

 

 

Catatan Penting:

  • Harap diperhatikan bahwa biaya visa tidak ditujukan ke rekening bank PT. VFS Services Indonesia. Biaya visa harus ditujukan kepada Kedutaan Australia sesuai petunjuk pada point A di atas.
  • Harap diketahui bahwa ada beberapa biaya bank yang mungkin akan dikenakan atas traksaksi Anda. Harap hubungi bank Anda untuk mengetahui berapa jumlah akurat yang akan dikenakan.
  • Secara umum, transaksi transfer bank memerlukan waktu 1 sampai 5 hari kerja
  • Adalah sangat penting agar rincian tersebut di atas dicantumkan dengan akurat. Kesalahan penulisan rincian bank, sekecil apapun kesalahannya, dapat menyebabkan penolakan transaksi dan dana akan dikembalikan kepada Anda.
  • Harap diketahui bahwa kesalahan dalam penulisan Bank penerima dan atau kesalahan dalam perhitungan total biaya akan menunda proses aplikasi visa Anda.
  • Untuk melengkapi transaksi, Anda mungkin diminta untuk menyediakan alamat lengkap dari bank penerima. Berikut ini adalah alamat lengkapnya untuk referensi Anda :

PT VFS SERVICES INDONESIA

AUSTRALIA VISA APPLICATION CENTRE

Kuningan City 2nd floor No. L2-19 Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18 Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940 Indonesia 9.

  • Ketika mengisi slip transfer untuk pembayaran biaya kategori B, C, D, dan E, harap cantumkan nama dan nomor paspor pemohon visa pada kolom pesan; informasi ini nantinya akan membantu VFS dalam memastikan apakah pembayaran sudah diterima di akun VFS.

 

 

  1. Pengecekan dan Persiapan document:

Pastikan semua dokumen lengkap dan semua form sudah diisi dan ditandatangani. Cek artikel bagian satu mengenai dokumen apa saja yang harus disediakan.

Jika photo copy dokumen belum disertifikasi, maka original dokumen seperti passport dan Akta Lahir asli harus disertakan.

Setelah transaksi pembayaran selesai, sertakan pembayaran biaya visa dan salinan/fotokopi slip transfer di dalam paket dokumen permohonan visa Anda dan kirim ke alamat kantor VFS seperti yang tertera di atas.

Jangan lupa untuk melengkapi dan menandatangani form Penjemputan Dokumen melalui Pos – Domestik yang baru didownload tadi.

 

Tips:

– Masukan semua dokumen  ke masing-masing amplop (jika lebih dari satu) terpisah.

– Masukan ke dalam plastic dan kemudian amplop A4 untuk menhindari dokumen terkena air dan terlipat-lipat.

– Klip masing-masing document sesuai jenisnya dengan urutan yang baik.

Ingat semakin lengkap/rapi dan terstruktur dokumen, akan memudahkan pemeriksaan berkas.

 

  1. Penjemputan dokumen:   

 

Paket dokumen dianggap siap untuk dijemput melalui pos hanya bila hal-hal yang telah disebutkan di atas telah dilengkapi. Setelah lengkap, Anda perlu mengkonfirmasi permintaan penjemputan dokumen dengan cara:

  • Mengirimkan email/surat elektronik (surel) dengan judul: “Domestik – Layanan Kurir 1 Arah untuk {sebutkan nama lengkap pemohon utama}” ke VFS: info.avacjakarta@vfshelpline.com
  • Di dalam surat elektronik (surel)/email ini, jelaskan bahwa pembayaran telah dilakukan dan paket dokumen permohonan visa telah siap dijemput oleh VFS.
  • Harap sebutkan nama para pemohon visa, nomor paspor, kategori visa dan nomor kontak yang dapat dihubungi (disarankan lebih dari 1 nomor), serta lampirkan daftar isian di bawah dan bukti slip transfer dalam surat elektronik (surel)/email konfirmasi ini.
  • Karena tingginya jumlah telepon masuk melalui Call Centre, Anda diminta untuk melakukan konfirmasi melalui surat elektronik (surel)/email.
  • Disarankan agar tidak mengirimkan surat elektronik (surel)/email konfirmasi bila Anda belum yakin bahwa dokumen telah siap untuk dijemput oleh kurir kami. Tunggu sampai paket yang akan Anda kirimkan dan biaya yang perlu dibayarkan su dah lengkap, kemudian kirimkan surat elektronik (surel)/email konfirmasi Anda kepada kami. Dengan melakukan hal tersebut, Anda membantu kami untuk menghindari penundaan-penundaan yang tidak diinginkan
  • Bila Anda ingin membatalkan atau menunda permintaan penjemputan dokumen setelah surat elektronik (surel)/email konfirmasi dikirim, harap menginformasikan hal ini melalui surat elektronik(surel)/email dengan segera
  • Harap dipastikan bahwa formulir telah diisi dengan lengkap dan ditandatangani di kotak yang benar,dokumen pendukung telah disiapkan. VFS meminta agar pemohon memastikan nomor telepon yangdiinformasikan dapat dihubungi terutama jika kurir rekanan VFS perlu melakukan konfirmasi pada saat penjemputan dokumen.
  • Dokumen akan dijemput oleh kurir rekanan VFS yang terpercaya paling cepatnya 1 hari kerja (H+1) setelah permintaan penjemputan dokumen telah dikonfirmasi oleh VFS.
  • Bila dokumen belum dijemput dalam 3 hari kerja setelah konfirmasi dari VFS, harap menghubungi call centre di alamat surel info.avacjakarta@vfshelpline.com agar VFS dapat melakukan tindak lanjut dengan segera.
  •  Anda dapat menunjuk orang kepercayaan untuk mewakili Anda dalam menyerahkan dokumen permohonan visa kepada kurir yang datang menjemput.
  • Harap diketahui bahwa Anda tidak perlu melakukan pembayaran apapun kepada kurir yang melakukan penjemputan dokumen, karena semua pembayaran hanya ditujukan langsung ke rekening bank resmi atas nama VFS.
  • Anda atau wakil Anda wajib mengisi Air W ay Bill (AW B) yang nanti akan diberikan oleh kurir.
  • Tujukan paket dokumen Anda ke AVAC dengan alamat sebagai berikut:

PT VFS SERVICES INDONESIA

AUSTRALIA VISA APPLICATION CENTRE

Kuningan City 2nd floor No. L2-19

Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18

Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940 Indonesia

  • Segera setelah dokumen dan pembayaran telah diterima, VFS akan memulai proses permohonanvisa dan mengirimkan konfirmasi melalui surat elektronik (surel)/email.

 

Selanjutnya:

Anda dapat melacak status permohonan visa melalui fasilitas Lacak_Aplikasi_Anda , atau juga dengan memanfaatkan layanan SMS_Status_Update . Harap diketahui bahwa layanan SM S status update berlaku untuk nomor telepon seluler Indonesia.

 

Silahkan tinggalkan komentar jika ingin ada yang diatnyaka,

Tulisan ini salinan bebas dari sumbernya VFS. Silahkan megacu ke website yang tertera diatas untuk lebih lengkap serta info yang paling terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *